Senin, 15 Maret 2010


Anak Anda Malas Makan???
Anak anda malas makan? Banyak sekali orangtua yang mengalaminya. Saya adalah salah satunya. Anak saya mulai makan ketika dia berusia 6 bulan. Pada usia itu saya beri bubur susu untuk pengenalan. Untuk praktisnya dan karena kurangnya pengetahuan tentang cara membuat bubur susu sendiri, saya membelinya di supermarket terdekat. Supaya tidak bosan saya membeli 3 macam rasa yaitu rasa pisang,beras merah dan beras putih.
Ketiga rasa itu saya itu saya berikan secara bergantian dan sering saya campurkan dengan susu. Sebulan dua bulan dia makan dengan lahap,bulan ketiga diberi makan, dia mulai melakukan aksi tutup mulut. Bahkan sering dia tahan sendok yang masuk ke mulutnya dengan gigi kecilnya yang baru tumbuh. Karena seringnya dia melakukan aksi itu, acara makan menjadi waktu yang tidak menyenangkan baik untuk dia maupun bagi saya.
Karena khawatir saya ‘curhat’ kepada suami saya. Beruntung dia mau mendengar ‘curhatan’ saya dan bukan hanya itu. Besoknya dia membawakan 2 buah buku kecil yang berisi resep bubur susu dan jus buah. Bagusnya buku itu juga berisi kandungan vitamin per-porsi dan cara memasak yang sangat mudah.Untuk jus juga demikian bahkan ada khasiat,misalnya jus tomat untuk meningkatkan nafsu makan, jus avokad susu untuk meningkatkan daya ingat pada anak.
Begitu diberi resep-resep itu langsug saya coba di dapur saya. Syukur kepada Tuhan, anak saya sangat menyukai makanannya. Acara makan juga jadi acara yang menyenangkan bagi kami. Buku seri makanan pendamping asi ini berisi 35 resep baik jus maupun bubur susu. Berikut ini saya akan membagikan 2 buah resep jus dan bubur susu yang saya kutip dari ke-2 buku tersebut:
BUBUR SUSU PISANG (untuk 2 porsi)
Bahan:
2 sdm tepung hunkue
200ml susu formula
½ buah pisang ambon matang
50ml air matang
Cara membuat:
1. Larutkan tepung hunkue dengan susu formula. Panaskan dengan api sedang sambil diaduk.
2. Kemudian, blender pisang dengan air matang. Segera masukkan ke dalam bubur hunkue yang sedang dimasak. Aduk terus sampai bubur kental dan meletup-letup. Angkat, lalu masukkan ke dalam mangkuk kecil.
3. Biarkan sebentar sampai berkurang panasnya. Sajikan kepada bayi.

Nilai gizi per porsi:
Energi: 237,2 Kkal
Protein: 8,5 gram
Lemak: 7,3 gram
Karbohidrat: 35,2 gram
Manfaat:
Pisang merupakan sumber mineral potasium yang berperan penting dalam fungsi sel saraf.


JUS TOMAT (untuk 2 porsi)
Bahan:
2 buah tomat jus
100ml air matang
1 sdm air jeruk manis
Cara membuat:
1. Rendam tomat dalam air panas, kemudian kupas kulitnya dan buang bijinya. Proses dengan blender bersama air matang
2. Tambahkan air jeruk manis. Aduk rata, tuang ke dalam gelas.
3. Sajikan pada bayi.
Jumlah energi per porsi:
Energi: 26,9 kkal
Protein: 0,5 gram
Lemak: 0,1 gram
Karbohidrat: 6,7 gram
Manfaat:
Salah satu zat gizi yang terdapat pada tomat adalah selenium. Bersama asupan vitamin E dalam jumlah yang cukup, selenium bekerja memperlambat laju perusakan sel tubuh yang disebabkan senyawa radikal bebas. Selain itu mengkonsumsi jus tomat satu jam sebelum makan dapat meningkatkan nafsu makan anak.
Semoga bermanfaat bagi Anda!!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar